Senin, 30 Oktober 2017

LPD Kedonganan Berbagi 7 Ton Daging Babi

LPD Desa Adat Kedonganan konsisten melanjutkan program Berbagi Daging Babi  sebagai revitalisasi tradisi mapatung menjelang hari raya Galungan. Senin (30/10), sekitar 7 ton daging babi dibagikan untuk 2.300 krama dan nasabah LPD Desa Adat Kedonganan. 

Masing-masing krama dan nasabah yang memenuhi persyaratan, menerima kupon yang akan ditukarkan dengan 3 kg daging babi serta uang bumbu senilai Rp 50.000. Krama adat yang berhak menerima kupon minimal memiliki saldo mengendap Rp 200.000. 



Ketua LPD Kedonganan, I Ketut Madra menjelaskan program Berbagi Daging Babi sudah dilaksanakan sejak tahun 2010 dan tahun ini memasuki pelaksanaan ke sembilan. Program ini kini diperkuat dengan telah disahkannya Pararem LPD Desa Adat Kedonganan sebagai implementasi dari Panca Kertha dalam mendukung pelaksanaan Panca Yadnya yang menjadi tujuan LPD Kedonganan.

Dijelaskan Madra, Panca Kertha meliputi Kertha Angga, Kertha Warga, Kertha Desa, Kertha Bhuwana, dan Kertha Wisesa. Pembagian daging babi saat hari Galungan merupakan implementasi Kertha Angga dan Kertha Warga, yaitu kesejahteraan diri pribadi dan krama desa menyongsong hari raya Galungan dan Kuningan. 

Program Berbagi Daging Babi juga merupakan revitalisasi tradisi mapatung yang biasa dilakukan krama Bali menyongsong hari raya Galungan. Semangat yang menjiwai tradisi mapatung selaras dengan semangat LPD, yakni kebersamaan, kekeluargaan, dan gotong royong.

"Mapatung adalah wujud kami membangun LPD, yang berimbas pada tradisi mebat yang spiritnya kebersamaan dengan semangat pada payu, pada gelahang dan pada mamargi.  Ketiga konsep ini akan membuat menjadi satu rasa atau pasikian," kata Madra. 

Krama Desa Adat Kedonganan mengapresiasi program Berbagi Daging Babi yang tetap dilaksanakan LPD Kedonganan. Wayan Wiryanta berterima kasih atas apa yang telah diberikan LPD Kedonganan. Wayan Suarjana berharap program ini bisa terus berlanjut. Hal senada juga disampaikan 

Bendesa Adat Kedonganan, Ketut Puja menyambut baik dan bangga dengan konsistennya LPD Kedonganan melaksanakan program Berbagi Daging Babi sebagai revitalisasi tradisi mapatung menjelang hari raya Galungan. Konsistensi ini tidak terlepas dari kemajuan yang dialami LPD Kedonganan. Kemajuan ini juga berkat kerja keras pengurus, karyawan, prajuru dan seluruh krama Desa Adat Kedonganan yang terus-menerus mendukung berbagai produk dan program LPD Kedonganan. 

"Semoga LPD Kedonganan ini selalu jaya, selalu bisa meningkatkan usaha untuk menunjang program desa adat yang berkelanjutan," tandas Puja. (*)

0 komentar:

Posting Komentar