Minggu, 03 September 2017

LPD Kedonganan Sosialisasi Spirit Tri-Us Lewat Lomba Padus

PKK Banjar Kerthayasa Juara


Saking manah tulus, lurus, serius
Pinaka dasar ngayah ring desa
Ngwangun LPD
Labda Pacingkrean Desa
Sami saking warga desa

Petikan lirik lagu "Mars LPD Kedonganan" itu terus berkumandang di tengah gemuruh krama Desa Adat Kedonganan yang memenuhi areal Banjar Pasek, Desa Adat Kedonganan, Minggu (3/9) sore. Lagu ciptaan Panji Kuning itu menjadi lagu wajib dalam lomba paduan suara (padus) antar-PKK banjar se-Desa Adat Kedonganan yang digelar serangkaian hari ulang tahun (HUT) ke-27 LPD Desa Adat Kedonganan. Lomba diikuti enam banjar adat yang ada di Desa Adat Kedonganan.

Tim Paduan Suara Banjar Kerthayasa yang tampil sebagai juara I.
Ketua LPD Desa Adat Kedonganan, I Ketut Madra, S.H., M.M. menegaskan lomba paduan suara merupakan wujud perhatian LPD Kedonganan kepada krama istri yang tergabung dalam PKK banjar karena menjadi tiang penyangga keluarga adat Bali. Keberadaan krama istri, kata Madra, berperan besar dalam menopang keberlanjutan adat dan budaya Bali yang dijiwai agama Hindu. LPD sebagai lembaga keuangan khusus komunitas adat Bali di desa adat, patut memberi perhatian dan memfasilitasi potensi dan prestasi krama istri, khususnya ibu-ibu PKK banjar.

Tim Paduan Suara Banjar Kubu Alit yang tampil sebagai juara II.
Madra berharap, melalui lomba padus dengan “Mars LPD Kedonganan” sebagai lagu wajib, ibu-ibu PKK menjadi duta LPD dalam mensosialisasikan spirit LPD Kedonganan, yakni tulus, lurus, dan serius (Tri-Us). “Tulus itu keikhlasan ngayah untuk membangun desa, lurus itu sikap taat pada aturan dan rambu-rambu di LPD dan di desa adat, serta serius adalah kesungguhan bekerja untuk memajukan LPD dan Desa Adat Kedonganan,” kata Madra.

Konsep Tri-Us, menurut Madra, memang dicetuskannya dalam kerangka pengelolaan LPD. Sejatinya, konsep itu digali dari kearifan lokal masyarakat adat Bali, termasuk di Desa Adat Kedonganan. Konsep itu juga dimunculkan dalam Pararem Panyacah Awig yang secara khusus mengatur tata kelola LPD Kedonganan.

Tim Paduan Suara Banjar Anyar Gede yang tampil sebagai juara III.
Bendesa Adat Kedonganan, I Ketut Puja, S.Ag. menyambut baik inisiatif LPD Kedonganan menggelar lomba padus antar-PKK banjar. Menurut Puja, antusiasme krama istri berlomba serta krama desa menyaksikan lomba menunjukkan kuatnya semangat kebersamaan di kalangan krama. “Ibu-ibu yang umumnya sibuk dalam kegiatan rumah, baik di dapur maupun kegiatan yadnya, mampu tampil dengan baik, termasuk memberi teladan dalam berpenampilan sesuai budaya Bali,” kata Puja.

Tim Paduan Suara Banjar Pengenderan yang tampil sebagai peringkat IV.
Lomba paduan suara berlangsung meriah. Masing-masing banjar tampil disaksikan para suporternya. Tim juri terdiri atas para akademisi dan praktisi dalam bidang seni suara dan musik, di antaranya AA Alit Sudarsana, Luh Gedong Renen, dan Putu Aryama.

Tim juri menetapkan pemenang menetapkan PKK Banjar Kerthayasa sebagai pemenang I (nilai 1.932), disusul PKK Banjar Kubu Alit sebagai pemenang II (nilai 1.846) dan PKK Banjar Anyar Gede sebagai pemenang III (nilai 1.841). Sementara peringkat IV, V dan VI, masing-masing diraih PKK Banjar Pengenderan (nilai 1.782), PKK Banjar Ketapang (nilai 1.740) dan PKK Banjar Pasek (nilai 1.719).

Tim Paduan Suara Banjar Ketapang yang tampil sebagai peringkat V.
Selain lomba paduan suara, pada pagi hari juga digelar lomba lagu pop Bali solo remaja antarpemuda se-Kedonganan dan lomba lagu pop Bali solo anak-anak antar SD se-Kedonganan. Lomba lagu pop Bali solo remaja dimenangi STT Kertha Muda Yasa sebagai juara I (nilai 1.456), STT Dharma Sentana sebagai juara II (nilai 1.431) dan STT Suka Karya sebagai juara III (nilai 1.389). Lomba lagu pop Bali solo anak-anak dimenangi SD 2 Kedonganan sebagai juara I (nilai 1.432), SD 4 Kedonganan sebagai juara II (nilai 1.405), dan SD 1 Kedonganan sebagai juara III (nilai 1.326).

 Tim paduan suara Banjar Pasek yang meraih peringkat VI. 
“Hadiah kepada para pemenang akan diserahkan saat puncak HUT ke-27 LPD Kedonganan, Sabtu (9/9) mendatang,” kata Ketua Panitia HUT ke-27 LPD Kedonganan, I Made Andry Susila Wijaya, S.E.. (*)

0 komentar:

Posting Komentar