Minggu, 28 Mei 2017

Generasi Muda Kedonganan Harus Berani Berwirausaha

Generasi muda Kedonganan harus memiliki kemampuan dan keberanian berwirausaha. Mereka mesti melihat dan menggarap secara maksimal peluang usaha yang ada di Desa Adat Kedonganan.

“Jiwa wirausaha harus dikembangkan sejak dini agar mampu menjadi tuan rumah di daerah sendiri,” kata Ketua Karang Taruna Eka Çanthi Kedonganan, I Wayan Yustisia Semarariana dalam acara seminar wirausaha bertajuk “Kolaborasi Membangun Kedonganan” di ruang pertemuan LPD kedonganan, Sabtu (27/5).

Para pembicara dan tokoh masyarakat Kedonganan berpose usai seminar.

Seminar yang dihadiri ratusan peserta ini menampilkan pembicara praktisi bisnis, Gendro Salim; Ketua BPKP2K Desa Adat Kedonganan, Wayan Mertha; serta Kapala LPD Kedonganan, Ketut Madra. Turut hadir pula Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Badung, Ketut Karpiana mewakili Bupati Badung; Camat Kuta, I Gede Rai Wijaya, tokoh masyarakat Kedonganan serta anggota Karang Taruna Eka Çanthi Kedonganan.

Gendro Salim mengatakan perekonomian secara nasional dan global tengah berkembang. Ekonomi Indonesia tumbuh semakin baik, bahkan pertumbuhan ekonomi Bali di atas pertumbuhan nasional. Ia mendorong generasi muda Kedonganan ikut ambil bagian dalam pertumbuan ekonomi Indonesiaitu. Ia pun siap mendampingi generasi muda Kedonganan untuk menjadi pelaku wirausaha yang tangguh. “Berikan saya 10 orang saja, saya akan mendidik mereka menjadi wirausahawan yang tangguh,” ucapnya

Kepala LPD Kedonganan, Ketut Madra mengatakan sebagai pilar ekonomi desa pihaknya mendukung segala kegiatan yang dilaksanakan krama termasuk generasi muda guna meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Desa Adat Kedonganan. LPD Kedonganan, kata dia, sangat ingin generasi muda Kedonganan berani menjadi wirausaha yang tangguh dan mandiri serta mampu menggarap potensi-potensi yang ada di Desa Adat Kedonganan.

“LPD Kedonganan siap mendukung terciptanya pengusaha-pengusaha muda Kedonganan yang tangguh dan berdaya saing tinggi,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua BPKP2K Desa Adat Kedonganan, Wayan Mertha. Dia mengajak peserta seminar melihat peluang-peluang usaha yang bisa digarap, khususnya di Desa Adat Kedonganan. Dipaparkannya, banyak peluang usaha yang bisa dikembangkan. Namun, diakui Mertha, perlu sinergi semua pihak, bersatu menyamakan persepsi dalam menggarap peluang tersebut.


Bupati Badung yang diwakili Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Badung, Ketut Karpiana menyambut positif kegiatan seminar kewirausahaan yang digelar Karang Taruna Eka Çanthi dan LPD Kedonganan. Diharapkan, kegiatan ini mampu menumbuhkan keinginan generasi muda dalam membangun usaha demi terciptanya kesejahteraan di masyarakat sehingga berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi di Desa Adat Kedonganan khususnya dan Kabupaten Badung pada umumnya. (*)

0 komentar:

Posting Komentar