Senin, 08 Februari 2016

Sambut Galungan, LPD Kedonganan Kembali Berbagi Daging Babi Gratis

Untuk ke sekian kali, LPD Desa Adat Kedonganan kembali membagikan daging babi gratis kepada krama dan nasabah LPD Desa Adat Kedonganan, Senin (8/2). Pembagian daging babi ini sebagai “hadiah” hari raya Galungan kepada krama dan nasabah yang telah setia mendukung dan menggunakan layanan LPD Kedonganan.

Ketua LPD Kedonganan, I Ketut Madra menjelaskan pembagian daging babi ini merupakan program rutin setiap enam bulan menurut kalender Bali atau tujuh bulan menurut kalender Masehi. Krama dan nasabah yang memiliki saldo mengendap Rp 200.000 berhak mendapat 3 kg daging babi serta uang bumbu Rp 50.000.




“Ini wujud revitalisasi tradisi mapatung. Tujuannya, tentu saja simakrama antar-krama menyongsong perayaan hari Galungan,” kata Madra.

Madra berharap, melalui produk berbagi daging babi ini, masyarakat Kedonganan bisa mengajegkan tradisi sekaligus menjalankan Tri Hita Karana di Desa Adat Kedonganan.

Total daging babi yang dibagikan seberat 5,6 ton. Jumlah krama penerima daging babi tercatat 1.250 kepala keluarga serta ratusan nasabah krama tamiu. Babi yang disembelih sudah diperiksa dari aspek kesehatan hewan sehingga layak dikonsumsi.

Bendesa Adat Kedonganan, I Ketut Puja menjelaskan berbagi daging babi di hari Galungan sudah menjadi tradisi di LPD Kedonganan. Tujuannya untuk memupuk rasa kegotongroyongan krama serta senantiasa menjaga toleransi dan kebersamaan krama. Kegiatan ini upaya memperkuat rasa memiliki krama terhadap LPD.




“Tradisi mapatung yang difasilitasi LPD Kedonganan ini luar biasa. Kami cukup bangga masyarakat Kedonganan juga sangat antusias untuk datang. Program ini sangat membantu krama menyambut hari raya Galungan,” kata Puja.

Jro Junita, salah seorang krama Kedonganan mengaku senang dan bersyukur dengan adanya program berbagi daging babi yang difasilitasi LPD Kedonganan ini. Dia berharap program serupa akan terus ditingkatkan lagi. (*)

0 komentar:

Posting Komentar