Minggu, 12 Juli 2015

LPD Kedonganan Kembali Bagikan 6 Ton Daging Babi

Menjelang hari raya Galungan dan Kuningan, LPD Desa Adat Kedonganan kembali membagikan daging babi gratis kepada seluruh krama desa dan nasabahnya. Jika biasanya pembagian daging babi dilaksanakan pada hari Senin bertepatan dengan Penyajaan Galungan, kali ini pembagian dilaksanakan pada Minggu (12/7) pagi tadi di jaba sisi Pura Bale Agung sekaligus halaman parkir kantor LPD Kedonganan. 

Krama Desa Adat Kedonganan antusias mengambil "hadiah" daging babi dari LPD Kedonganan untuk menyambut hari raya Galungan dan Kuningan.
Wakil Ketua LPD Kedonganan, Drs. I Wayan Suriawan menyatakan dimajukannya jadwal pembagian daging babi ke hari Minggu karena pada hari Senin dilaksanakan upcara pemelastian serangkaian Karya Padudusan Agung, Ngenteg Linggih lan Mupuk Padagingan di Pura Dalem Kahyangan dan Pura Mrajapati Desa Adat Kedonganan. 

Kepala LPD Kedonganan, I Ketut Madra, S.H.,M.M., menambahkan pembagian daging babi menjelang hari raya Galungan sudah menjadi program rutin di LPD Kedonganan. Karena itu, kegiatan ini tetap dilaksanakan meskipun di desa sedang berlangsung karya. "Daging babi ini sebagai manfaat (labda) yang diterima krama dan nasabah sekaligus tanda ikatan kebersamaan dan kekeluargaan antara LPD dan krama serta nasabah," kata Madra.

Pembagian daging babi menjelang hari raya Galungan untuk mempererat kebersamaan antara LPD dengan krama dan nasabah 

Jumlah krama adat yang menerima daging babi sebanyak 1.163 orang. Selain itu, daging babi juga diberikan kepada krama tamiu yang menjadi nasabah sebanyak 573 orang, panitia karya sebanyak 149 orang dan pemangku serta karyawan sebanyak 90 orang. 

"Total krama yang menerima daging babi sebanyak 1.975 orang dengan volume daging babi yang dibagikan seluruhnya sebesar 5.925 kg atau 6 ton," kata Suriawan. 

Masing-masing krama menerima 3 kg daging babi serta Rp 50.000 uang bumbu. 

Bendesa Adat Kedonganan, I Ketut Puja, S.Ag., mengharapkan krama Desa Adat Kedonganan bisa memanfaatkan daging babi yang diterima untuk kepentingan menyongsong perayaan Galungan dan Kuningan. Jero Bendesa juga mengharapkan pembagian daging babi bisa makin mempererat hubungan dan dukungan krama kepada LPD sebagai lembaga keuangan milik desa adat. 



0 komentar:

Posting Komentar