Rabu, 22 April 2015

"Selae Tiban", Sinergi LPD Kedonganan-Pembangunan Pura-Kafe

Tahun 2015 ini, LPD Desa Adat Kedonganan genap berusia 25 tahun. Di ulang tahun perak ini, LPD Kedonganan mengadakan program khusus bertajuk "Selae Tiban LPD Desa Adat Kedonganan". Kata selae tiban dalam bahasa Bali berarti '25 tahun'. 

Program "Selae Tiban LPD Desa Adat Kedonganan" diisi dengan berbagai kegiatan, baik berwujud aksi, edukasi, apresiasi maupun kompetisi. Berbagai kegiatan itu mencakup bidang parahyangan, pawongan dan palemahan

Kupon undian berhadiah Pembangunan Pura Puseh-Desa dan Pura Toya Ning

Ketua Panitia HUT ke-25 LPD Desa Adat Kedonganan, I Wayan Suriawan menjelaskan perayaan HUT tahun ini memang dilangsungkan secara lebih spesial. Kegiatan yang digelar berlangsung selama sepanjang tahun 2015 dan puncak HUT dilaksanakan Desember 2015. 

Yang istimewa, lanjut Suriawan, perayaan HUT ke-25 dijadikan momentum membangun sinergi antara LPD dengan kegiatan pembangunan pura di desa adat dan aktivitas ekonomi kerakyatan krama desa berupa kafe di sepanjang Pantai Kedonganan. Kebetulan pada tahun 2015 ini, Desa Adat Kedonganan sedang merampungkan renovasi total Pura Puseh-Desa, Pura Toya Ning dan renovasi ringan Pura Dalem. Kepala LPD Desa Adat Kedonganan, I Ketut Madra, S.H., M.M., juga secara kebetulan ditunjuk menjadi Ketua Panitia Pembangunan Pura Puseh-Desa dan Pura Toya Ning. "Karena LPD ini sebagai lembaga milik desa adat, LPD ingin mengambil peran aktif di dalamnya," kata Suriawan. 

Ketut Madra menjelaskan sinergi antara program HUT ke-25 LPD Kedonganan, program renovasi total Pura Puseh-Desa dan program ekonomi kerakyatan wisata kuliner kafe di Pantai Kedonganan diwujudkan melalui kegiatan bazar di kafe dan undian berhadiah khusus. Seluruh kafe di sepanjang Pantai Kedonganan yang merupakan usaha kerakyatan di bawah naungan Desa Adat Kedonganan akan menjadi tempat bazar. Masing-masing pengelola kafe diberikan kupon bazar khusus. Melalui bazar itu, masing-masing kafe tidak hanya bisa mendapatkan keuntungan juga ikut memfasilitasi dana punia untuk pembangunan Pura Puseh-Desa, Pura Toya Ning dan Pura Dalem. "Sebagian keuntungan yang didapat dari bazar digunakan untuk mendukung pembangunan Pura Puseh-Desa, Pura Toya Ning dan Pura Dalem," kata Madra. 

Kegiatan renovasi total Pura Puseh-Desa dan Pura Toya Ning kini sedang dalam proses.


Selain itu, panitia juga menyebarkan kupon undian berhadiah seharga Rp 10.000. Kupon bazar dan kupon undian berhadiah ini akan diundi saat puncak perayaan HUT ke-25 LPD Kedonganan. Dalam undian berhadiah ini, LPD Kedonganan menyediakan hadiah utama berupa satu unit mobil, lima unit sepeda motor, dan puluhan hadiah menarik lain. 

"Jadi ini program tiga sukses. Pembangunan Pura Puseh-Desa dan Pura Toya Ning sukses, program HUT ke-25 LPD Kedonganan sukses dan program ekonomi kerakyatan melalui usaha kafe di kawasan wisata kuliner Pantai Kedonganan juga sukses," kata Madra. 

Madra menjelaskan program sinergi ini sebagai wujud nyata Tri Hita Karana di Desa Adat Kedonganan. Dari sisi parahyangan, krama Desa Adat Kedonganan bisa merampungkan renovasi Pura Puseh-Desa dan Pura Toya Ning. Dari sisi pawongan, kegiatan ekonomi masyarakat berkembang melalui usaha kafe yang kemudian berdampak pada perkembangan LPD sebagai lembaga keuangan khusus komunitas adat di Desa Adat Kedonganan. Dari sisi palemahan, melalui berbagai kegiatan aksi dan kompetisi yang melibatkan para pengelola kafe dan banjar, seperti lomba kebersihan kafe dan kebersihan banjar, lingkungan Desa Adat Kedonganan bisa tertata dengan baik. 

Madra berharap program ini didukung secara aktif oleh seluruh krama Desa Adat Kedonganan dengan cara mensosialisasikan dan memasarkan kupon bazar dan kupon undian berhadiah itu. Jika seluruh krama Desa Adat Kedonganan bergerak bersama, Madra yakin Desa Adat Kedonganan akan mendapatkan manfaat maksimal dari program ini. 

"Krama Desa Adat Kedonganan tak hanya mendapat keuntungan secara ekonomis, tetapi juga ikut mapunia untuk program pembangunan pura dan program-program Desa Adat Kedonganan. Karena itu, mari bergerak bersama menyukseskan program ini," tandas Madra. []

0 komentar:

Posting Komentar