Minggu, 05 April 2015

LPD Kedonganan Serahkan Dana Pembangunan Rp 1,8 Milyar

LPD Desa Adat Kedonganan menyerahkan dana pembangunan sebesar Rp 1,8 milyar kepada Desa Adat Kedonganan. Dana pembangunan ini diterima Bendesa Adat Kedonganan, I Ketut Puja, di ruang pertemuan gedung LPD Desa Adat Kedonganan, Minggu (5/4). 

Kepala LPD Desa Adat Kedonganan, I Ketut Madra, S.H., M.M., menjelaskan dana pembangunan Rp 1,8 milyar itu berasal dari 20% laba yang diraih LPD Kedonganan pada tahun 2014 sebesar Rp 9 milyar. Menurut Madra, dana pembangunan kepada desa adat ini merupakan wujud nyata keberadaan LPD sebagai lembaga milik komunitas adat Bali dalam desa adat atau desa pakraman. 

Kepala LPD Kedonganan, I Ketut Madra menyerahkan dana pembangunan kepada Bendesa Adat Kedonganan, I Ketut Puja

"Dana pembangunan sebesar 20% dari laba itu merupakan salah satu manfaat yang diberikan LPD kepada komunitas adat Bali. Selain manfaat dalam bentuk dana, LPD juga memberikan manfaat dalam bentuk berbagai produk dan program penguatan ketahanan ekonomi, sosial, budaya dan spiritual," kata Madra. 

LPD Kedonganan, menurut Madra, mencoba menyeimbangkan manfaat secara materi dan imateri itu. Karena itu, LPD Kedonganan terus berinovasi dengan berbagai produk dan program yang menjawab kebutuhan krama Desa Adat Kedonganan. 

"Inilah sesungguhnya ukuran kesuksesan LPD. Sejauh kehadiran LPD dirasakan krama desa adat, baik secara ekonomi, sosial, budaya dan spiritual. Dalam konsep Bali hal itu disebut, labda," kata Madra.

Bendesa Adat Kedonganan, I Ketut Puja bersyukur atas apa yang telah dicapai LPD Kedonganan. Selama ini, kata Puja, kontribusi LPD kepada Desa Adat Kedonganan sangat besar dan dirasakan krama Desa Adat Kedonganan. 

"Dana pembangunan ini akan dimanfaatkan untuk mendukung program-program Desa Adat Kedonganan, baik parahyangan, pawongan maupun palemahan," tandas Puja. []

0 komentar:

Posting Komentar