Jumat, 21 Februari 2014

Rai Mantra: LPD Milik Desa Pakraman, tak Bisa Diintervensi OJK

MUDP Bali Masimakrama ke Rumah Keluarga Alm. Prof. IB Mantra

Sejak berdiri 30 tahun silam, Lembaga Perkreditan Desa (LPD) berdiri di hampir seluruh desa pakraman di Bali. Patut disyukuri, keberadaan LPD selama ini telah menjadi penyangga tumbuh kembangnya sektor ekonomi, budaya dan adat yang dijiwai agama Hindu. Dalam upaya menjaga LPD tetap menjadi penyangga utama adat dan budaya Bali, visi dan misi sang pencetus LPD, almarhum Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, harus ditegakkan kembali.

Demikian terungkap dalam simakrama Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP) Bali saat mengunjungi Nyonya IB Mantra, istri Gubernur Bali 1978—1988, almarhum Prof. Dr. IB Bagus Mantra dan keluarga di Renon, Jumat, 21 Februari 2014.

MUDP Bali dipimpin langsung oleh Bendesa Agung MUDP  Bali, Jero Gede Suwena Putus Upadesha didampingi Patajuh I Bendesa Agung, Ida I Dewa Gede Ngurah Swastha serta sejumlah pengurus MUDP lainnya. Rombongan diterima langsung  Nyonya IB Mantra, serta dua anaknya IB Gde Wira Wibawa dan IB Rai Dharmawijaya Mantra yang juga Walikota Denpasar.

”Kunjungan ini sebagai rasa hormat dan terima kasih serta mengingatkan kembali peran sosok pemimpin Bali, almarhum Prof. IB Mantra yang telah meletakkan dasar yang kuat dalam hal mendirikan LPD, sebagai penyangga adat, budaya serta ekonomi Bali. MDP Bali, sebagai wadah payung adat Bali, sangat mengapresiasi kiprah beliau,” kata Jero Gede Suwena.

Dikatakan,  lahirnya  LPD memang dilandasi sebagai untuk menjadikannya penyangga adat dan budaya. Peran penting itu kini dikuatkan lagi dengan keluarnya UU No. 1 Tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang menyatakan LPD diatur berdasarkan hukum adat. Dengan begitu, kini LPD sepenuhnya milik desa pakraman dan hanya tunduk pada hukum adat.

“Namun, dibalik semua itu, masih perlu kesatuan pandangan krama Bali, karena masih banyak belum paham kedudukan LPD sebagai duwe desa pakraman. Termasuk kedudukan perda dan pergub yang mengintervensi LPD secara langsung, hingga kini belum direvisi setelah UU LKM keluar,” kata Ida Dewa Ngurah Swastha menambahkan.

Sementara putra almarhum IB Mantra yang juga Walikota Denpasar, IB Rai Mantra mewakili keluarga menyampaikan terima kasih atas kunjungan MUDP Bali. Dalam kesempatan tersebut, Rai Mantra mendorong peran kedudukan Majelis Desa Pakraman agar lebih kuat lagi menjaga adat tradisi yang semakin kompleks, termasuk di dalamnya LPD. ”Peran MDP Bali yang memayungi desa pakraman termasuk LPD Bali harus kuat, apalagi kedudukan LPD sudah jelas milik desa pakraman, dan tidak bisa diintervensi pihak lain, semisal lembaga otoritas jasa keuangan (OJK),” kata Rai Mantra seraya meminta MDP agar memberikan sosialisasi kepada seluruh prajuru adat.

Hal senada juga diungkapkan IB Wira yang menyampaikan terima kasih atas kunjungan MUDP Bali. Semangat dicetuskannya LPD adalah menegakkan empat pilar dalam kehidupan masyarakat Bali. Empat pilar itu adalah adat dan budaya, pendidikan, kesehatan dan kesenian, sebagai karakter orang Bali sekaligus penggerak sektor ekonomi Bali. “Ayah kami sangat tegas mengungkapkan ada empat pilar untuk membangun Bali, dan empat pilar itu perlu didukung dengan lembaga keuangan yang kuat, sehingga lahirlah LPD ini,” ungkap Gusde, kakak kandung Rai Mantra.


Di Bali kini terdapat 1.488 desa pakraman. Dari jumlah itu, 1.421 desa pakraman  sudah memiliki LPD. Total aset LPD se-Bali hingga tahun 2013 tercatat Rp 10,5 triliun. (*)   

3 komentar:

  1. Bali Vet Clinic Kedonganan adalah salah satu wujud LPD Kedonganan membantu para pemuda lokal Bali untuk

    BalasHapus
  2. LPD adalah wujud kekhususan secara ekonomi bagi Bali. Pak Mantra sudah meletakkan dasar yang sangat fundamental bagi Bali yang kini berjuang mendapatkan otonomi khusus. Bravo untuk LPD. Mari bersatu menjaga dan menguatkan LPD.

    BalasHapus
  3. saya mau tanya,bolehkah warga desa pekraman mengetahui/tahu gajih staff LPD,dan penglolaan dana tersebut??.misalnya ada audit yang tertempel/selebaran yang d bagikan agar masyarakat tahu perkembangannya.mohon jawabannya!!!

    BalasHapus