Minggu, 18 Agustus 2013

LPD Kedonganan Matirtha Yatra ke Bromo

Serangkaian hari ulang tahun (HUT) ke-23, LPD Kedonganan matirtha yatra ke sejumlah pura di Jawa, termasuk ke Gunung Bromo, Jawa Timur pada Jumat-Sabtu, 16-17 Agustus 2013. Tirtha yatra diikuti pengurus dan karyawan LPD, prajuru Desa Adat Kedonganan, para pemangku serta sejumlah tokoh masyarakat Kedonganan. 





Wakil Kepala LPD Kedonganan yang juga Ketua Panitia HUT ke-23, Drs. I Wayan Suriawan menjelaskan tirtha yatra ke luar Bali sudah sering dilaksanakan. Tahun sebelumnya, LPD Kedonganan juga mengadakan kegiatan serupa ke Lombok. Tirtha yatra ke sejumlah pura di Jawa Timur juga sudah pernah dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya. Selain ke Jawa Timur, tirtha yatra juga pernah dilaksanakan ke Pura Gunung Salak, Bogor. 

Tujuan matirtha yatra ini, menurut Suriawan, selain memberikan pengalaman spiritual bagi pengurus, karyawan, prajuru desa serta pemangku juga menjalin keakraban di antara komponen terkait di Desa Adat Kedonganan. "Prinsipnya kita membangun kebersamaan di antara pengurus, karyawan, prajuru, pemangku serta krama desa sekaligus menimba pengalaman spiritual," kata Suriawan. 

Selain mengadakan persembahyangan bersama, pihaknya juga menyerahkan dana punia kepada pemangku pura setempat. (*)

0 komentar:

Posting Komentar