Senin, 18 Maret 2013

LPD Kedonganan Kembali Gelar Tes Beasiswa Prestasi


Pembukaan tes beasiswa prestasi 2013 di SD 2 Kedonganan

LPD Desa Adat Kedonganan kembali menggelar Tes Beasiswa Prestasi dan Lomba Cerdas Cermat antar-SD se-Desa Adat Kedonganan. Kegiatan yang digelar serangkaian peringatan HUT ke-23 itu dibuka Senin (18/3) kemarin di SD 2 Kedonganan.
Kepala LPD Desa Adat Kedonganan, I Ketut Madra mengatakan iklim  kompetitif sangat penting artinya dalam memacu prestasi siswa. Iklim kompetitif mendorong pelajar untuk senantiasa memcau kualitas diri guna mencapai prestasi terbaik. Itu sebabnya, penyelenggara pendidikan dan masyarakat mesti menggelar aneka kegiatan yang dapat menjaga semangat berkompetisi siswa.
“LPD ini kan milik desa adat, milik krama, ikut berkewajiban membangun iklim kompetisi itu. Itu sebabnya, kami rutin menggelar tes beasiswa prestasi dan lomba cerdas cermat antar-SD se-Desa Adat Kedonganan,” kata Madra.
Kedua kegiatan ini, kata Madra, sudah dimulai sejak tahun 1995. Tahun ini memasuki pelaksanaan ke-18. Selama 18 tahun, kedua kegiatan itu berdampak positif pada peningkatan prestasi akademik dan nonakademik siswa di Kedonganan. Salah seorang alumni tes beasiswa prestasi LPD Kedonganan yang sukses, yakni Putu Yunita Oktarini yang pernah menjadi runner up Miss Indonesia serta kini menjadi anggota DPRD Badung.
Untuk lebih memacu prestasi siswa, Madra merencanakan untuk menggelar kompetisi di tingkat Kecamatan Kuta. Dengan memperluas jangkauan wilayah kompetisi, siswa di Kedonganan akan makin terdorong untuk mencapai prestasi lebih baik sehingga bisa bersaing dengan siswa dari sekolah lain di Kecamatan Kuta.
Tes beasiswa prestasi LPD Kedonganan digelar dua tahap, yakni tahap seleksi pada Senin-Selasa (18-19/3) dan tahap final pada Kamis (21/3). Tahap seleksi diikuti 160 siswa kelas III, IV, V dan VI dari empat SD di Kedonganan. Selanjutnya dipilih 40 orang (10 orang dari masing-masing tingkatan kelas) untuk mengikuti final. Rabu (20/3) dilaksanakan cerdas cermat dengan peserta 8 tim dari 4 SD.
Selain piagam dan piala, juara I, II dan III tes beasiswa prestasi menerima tabungan masing-masing senilai Rp 1.000.000, Rp 800.000 serta Rp 600.000. Sementara pemenang lomba cerdas cermat mendapat hadiah piala, piagam dan uang tunai masing-masing Rp 750.000 untuk juara I, Rp 600.000 untuk juara II dan Rp 450.000 untuk juara III. (*)

0 komentar:

Posting Komentar