Senin, 25 Maret 2013

Krama Kedonganan Sambut Antusias "Hadiah" Daging Babi Galungan

Krama Desa Adat Kedonganan menyambut antusias "hadiah" Galungan dan Kuningan dari LPD Desa Adat Kedonganan berupa daging babi seberat 3,5 kg plus uang bumbu Rp 25.000. Antusiasme krama itu terlihat dari ramainya krama yang datang ke halaman depan gedung LPD Desa Adat Kedonganan, Senin (25/3) pagi. Dengan mengenakan pakaian adat madya, mereka tampak sumringah menanti pembagian daging babi dan uang bumbu itu.

Salah seorang krama, I Made Arya mengaku senang menerima "hadiah" daging babi gratis dari LPD Kedonganan. Yang lebih menggembirakan lagi, pada Galungan kali ini, juga diberikan tambahan uang bumbu. Di tengah tingginya harga kebutuhan pokok belakangan ini, "hadiah" dari LPD Kedonganan ini sangat membantu krama.

"Saya berharap pemberian daging babi bagi krama ini bisa terus dilakukan rutin tiap Galungan," kata Arya.

Hal senada dikemukakan krama lainnya, Mitha. Ibu muda ini mengaku sangat terbantu dengan pemberian daging babi dan uang bumbu dari LPD Kedonganan. Mitha menilai "hadiah" Galungan ini sebagai bentuk perhatian LPD terhadap nasabah, terutama krama Desa Adat Kedonganan.

Kepala LPD Kedonganan, I Ketut Madra, S.H., M.M., menjelaskan krama penerima daging babi gratis merupakan nasabah LPD Kedonganan yang memiliki tabungan minimal Rp 200.000. Di Kedonganan, kata Madra, semua krama sudah memiliki tabungan di LPD dengan saldo mengendap Rp 200.000. Itu sebabnya, semua krama menerima hadiah daging babi dan uang bumbu. Hanya saja, yang menerima hadiah daging babi adalah krama ngarep.

Mengenai konsistensi program ini, Madra mengatakan berupaya agar menjadikannya program rutin saban Galungan. Sejak dua tahun lalu, program ini sudah bisa dilaksanakan secara rutin. "Intinya, kalau krama Desa Adat Kedonganan tetap mendukung LPD, tetap mempercayai LPD, tentu LPD akan terus berupaya melanjutkan program ini. Sama halnya dengan program ngaben masa setiap tiga tahun," kata Madra. Bahkan, imbuh Madra, LPD Kedonganan terus berinovasi membuat program-program baru yang menyentuh kebutuhan krama.

Bendesa Adat Kedonganan, I Ketut Puja, S.Ag. menyatakan program hadiah Galungan berupa daging babi gratis dan uang bumbu sangat positif. Selain membantu krama juga mampu memupuk kebersamaan di antara krama. (*)

0 komentar:

Posting Komentar