Rabu, 06 Februari 2013

I Ketut Puja, Bendesa Adat Kedonganan Terpilih

Wajah-wajah para calon bendesa adat Kedonganan
I Ketut Puja, S.Ag., memenangi Pemilihan Bendesa Adat Kedonganan yang digelar Minggu, 3 Februari 2013 lalu. Puja mengalahkan empat kandidat lainnya dengan meraih 304 suara. Puja meraup 34,74% suara dari jumlah total suara sbanyak 875 suara. Dengan hasil ini, Puja menggantikan Bendesa Adat Kedonganan saat ini, I Wayan Yasmika, untuk masa jabatan 2013-2018. 

Puja bersaing ketat dengan kandidat petahana (incumbent), I Wayan Yasmika. Yasmika meraup 257 suara (29,37%) dan berada di urutan kedua. Sementara perolehan suara tiga kandidat lainnya jauh di bawah. Posisi ketiga diraih I Nyoman Gede Susastra, Sm.Hk., dengan 167 suara (19,08%). Posisi keempat diraih Drs. I Made Sujana dengan 86 suara (9,8%), sedangkan Ir. I Made Sudiasa di posisi kelima dengan 53 suara (6%). Suara tidak sah tercatat 8 suara (0,9%).

Puja merupakan calon dari Banjar Pengenderan. Selama ini Puja dikenal sebagai polisi yang aktif dalam kegiatan sosial budaya di Kedonganan. Bahkan, Puja pernah menjadi Ketua Panitia Karya Atiwa-tiwa lan Atmawedana Desa Adat Kedonganan tahun 2006. 

Puja menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas dukungan krama kepada dirinya. Puja menekankan dirinya akan menjaga keseimbangan antara aspek sekala dan niskala di Desa Adat Kedonganan. Menurut Puja, keseimbangan antara sekala dan niskala merupakan syarat utama mencapai tujuan utama agama Hindu yakni moksartham jagadhita ya ca iti dharma.(*)

0 komentar:

Posting Komentar